jump to navigation

IPB ke Final Kompetisi Teknologi Pangan Dunia May 30, 2009

Posted by Babeh Gibril in Makanan.
trackback

ipb

Bogor (ANTARA News) – Tim mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil menjadi finalis kompetisi teknologi pangan antarbangsa dan berkesempatan untuk berlaga pada puncak kompetisi itu di Amerika Serikat pada Juni mendatang.

Juru bicara IPB Ir Henny Windarti, MSi dalam keterangannya kepada ANTARA di Bogor, Kamis menjelaskan kompetisi ini adalah bagian dari agenda tahunan Institut Teknologi Pangan atau Institute of Food Technologists (IFT Annual Meeting and Food Expo) yang tahun ini diselenggarakan di kota Anaheim, California, Amerika Serikat pada 6-9 Juni 2009.

Keempat mahasiswa yang menorehkan prestasi gemilang itu adalah Galih Nugroho, Ari Try Purbayanto, Riza Aris Apriady, Catherine Haryasyah, dan Kamalita Pertiwi.

Wakil IPB itu adalah mahasiswa/i program S1 dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

“Mereka berhasil lolos sebagai finalis pada ajang `Institute Food Technologist Student Association Developing Solutions for Developing Countries Competition`,” katanya.

Tim ini mengusung judul penelitian “Healthy Instant Noodle from Corn with High� Protein and Rich Iron for Pregnant Women to Prevent Lost Generation in Southeast Asia”.

Menurut Galih Nugroho, salah satu anggota tim, ajang itu merupakan kompetisi inovasi pengembangan produk ataupun proses pangan yang diikuti oleh berbagai tingkatan strata mahasiswa, mulai dari program sarjana hingga doktoral, dimana seluruh tim diseleksi berdasarkan hasil tulisan ringkasan inovasi produk dan proses yang dibuat.

“Tim kami telah melalui seleksi ketat melalui proposal yang diajukan dengan `reviewer` yang berasal dari kalangan industri, akademisi, badan pemerintah, dan lembaga antarbangsa di bidang pangan dari Amerika Serikat,” katanya.

Selain itu, mereka juga sukses menyisihkan proposal lainnya yang berasal dari China, Meksiko, Afrika Selatan, Italia, Belanda, Kolumbia, dan Lebanon.

Tim yang lolos yakni tiga tim finalis yang berasal dari Amerika Serikat, dan tiga tim finalis dari seluruh dunia selain Amerika Serikat yang salah satunya tim mahasiswa IPB.

Selanjutnya finalis diharuskan mengirimkan makalah lengkap pengembangan produk dan prosesnya, kemudian dipaparkan langsung di hadapan dewan juri dengan membawa contoh produk. (*

Sumber : http://www.antara.co.id

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: