jump to navigation

Qualcomm Optimistis Pasarkan Smartbook May 30, 2009

Posted by Babeh Gibril in Hardware.
trackback

DyFCp92UHG
CALIFORNIA – Qualcomm, produsen chip yang berbasis di San Diego, California, tengah mempersiapkan kemunculan sistem komputer portabel terbaru yang mereka beri nama Smartbook.Perusahaan ini telah menguraikan visi mereka dalam memasuki pasaran mobile computing yang tumbuh sangat pesat.

Luis Pineda, SVP Marketing and Product Management  Divisi Teknologi CDMA Qualcomm, mengklaim bahwa perangkat yang merupakan kombinasi antara ponsel cerdas dan netbook sangat potensial menyejajarkan diri dalam kompetisi segmen netbook yang tengah booming saat ini, demikian keterangan yang dikutip dari Softpedia, Jumat (29/5/2009).

Pada dasarnya Qualcomm menegaskan bahwa perusahaannya ingin menciptakan netbook berbasis ARM, bersaing dengan Intel yang telah sukses sebelumnya.

Qualcomm berharap bahwa Smartbook akan menjadi perangkat pelengkap bagi sistem notebook yang hadir saat ini, namun dengan begitu akan mengorbankan pasaran netbook.

“Karena masih terus dikembangkan, belum ada penjelasan spesifik mengenai Smartbook. Yang jelas, perangkat yang akan segera hadir ini akan dilengkapi dengan chip Snapdragon 1GHz dan system builder dengan variasi pilihan konetivitas radio, termasuk seluler dan Wi-Fi,” kata Pineda.

“Perangkat ini memiliki bentuk yang sangat mungil, dengan ukuran layar 10 hingga 12 inchi. Untuk sistem operasinya sendiri kami menanamkan OS Linux,” tambahnya.

Meski tidak menyebutkan secara rinci spesifikasi Smartbook ini, namun Pineda memberikan bocoran bahwa Smartbook Qualcomm akan memiliki kemampuan operasional yang tangguh dengan baterai yang tahan selama 10 jam.

Menurut rencana, perangkat pertama yang terintegrasi dengan chip Snapdragon chip akan segera dilempar ke pasaran sebelum akhir 2009. (srn)
http://techno.okezone.com

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: